Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Surat Yasin Untuk Acara Tradisi 40 Hari

Adat istiadat orang jawa khususnya jawa tengah dan jawa timur mempunyai ada acara 7 hari, 40 hari, 100 hari, 1000 hari dan haul. Dimana di dalam acara tradisi tersebut terdapat bacaan yasinan, tahlilan dan doa. dan kemudian dibarengi dengan pemberian sedekah yang disebut berkat kepada para jamaah yang hadir.
Ada Banyak manfaat membaca surat yasin yang sudah tersebar di buku buku surat yasin dan lain sebagainya. hal itu diambil dari hadits. Manfaat dari surat yasin adalah sebagai berikut:
1. diriwayatkan dari Shohabat Addaromiy dengan sanad yang shohih bahwa "Siapa saja yang membaca surat yasin di waktu pagi selepas subuh maka akan didatangkan hajat-hajatnya".

2. dalam hadits lain menjelaskan bahwa "Bacalah surat yasin, karena sesungguhnya didalam surat yasin terdapat 20 barokah" 20 barokah ini ditafsirkan oleh sebagian ulama bahwa 20 barokah ini antara lain; ketika lapar menjadi kenyang setelah membaca surat yasin. Anda ingin membutikan?? bacalah di waktu sore hari pada saat lapar laparnya. Kalo sudah dibuktikan, silahkan komentar di artikel ini.

Baca Juga: Tata Cara yasinan dan Tahlilan

3. Hadits Rosul lain menyebutkan bahwa "Barangsiapa yang membaca surat yasin pada waktu siang hari maupun malam hari, maka hari itu terlindungi dari perbuatan dosa". ini artinya dia diselamatkan oleh Allah dari perbuatan maksiat.

4. diriwayatkan dari Imam Tsa'labiy di dalam tafsirnya mengatakan bahwa: Rosulullooh shollalloohu alaihi wasallaam bersabda: "Siapa saja yang menulis Surat yasin dan kemudian disiram/dituangi air biasa atau air mawar, lalu meminumnya yang kemudian air tersebut masuk ke dalam perut maka jadilah 1000 obat dari berbagai macam penyakit. 

dan masih banyak lagi khasiat/manfaat membaca surat yasin. oleh karena itu, ada waktu waktu yang terbaik di dalam membaca surat yasin, yaitu:
1. waktu pagi setelah subuh,
2. waktu dhuha setelah sholat dhuha, 
3. waktu sore hari setelah sholat ashar,
4. waktu maghrib setelah sholat maghrib
5. waktu sepertiga malam
6. Hari jumat, atau malam jumat, 
7, Bulan puasa,
8. malam lebaran (baik malam idul fitri, atau malam idul adha)
9. dan kapan saja dimana saja, baik sendirian maupun berjamaah. 

Manfaat yang lebih afdhol lagi ketika ada saudara, kawan, tetangga, atau keluarga kita yang meninggal dunia, maka sebaiknya dibacakan surat yasin untuk almarhum, lebih lebih jika sedang sakaratul maut, karena akan melancarkan proses sakaratul maut tersebut dan membantu untuk ingat kepada Allah Ta'ala.

Hal ini dikarenakan bahwa manfaat surat yasin ini begitu besar, yaitu setiap huruf dari surat yasin ketika dibacakan akan tercipta 10 malaikat yang akan memintakan ampunan kepada yang membaca dan orang yang sedang diambil ruhnya (orang yang sedang sakaratul maut). Bisa dibayangkan bahwa jumlah huruf surat yasin berjumlah 3000 huruf, berarti malaikat yang tercipta berjumlah 30ribu malaikat dan semua malaikat tersebut memintakan ampunan kepada Allah Ta'ala yang diperuntukkan kepada orang yang membacanya dan orang yang sedang diambil ruhnya.

Baca Produk: Kaligrafi Surat Yasin di Rumah Gedeh Semarang

Dan lebih agung lagi, bahwa semua malaikat tersebut berkenan hadir untuk memandikan, mensholatkan dan mengiringkan jenazah ke makbaroh. Oleh karena itu, sangat beruntung banget ketika kita meninggal nanti ada yang mau membacakan surat yasin untuk kita. Hal ini sudah dijelaskan dalam hadits yang dibawakan oleh shohabat Anas Rodliyalloohu 'anhu bahwa rosulullooh bersabda: "Siapa saja yang masuk makbaroh, dan kemudian dibacakan surat yasin untuknya, maka Allooh Ta'ala meringankan siksa kuburnya selama sehari, dan ditambahi dengan kebaikan kebaikan di alam barzahnya. 

Oleh karena itu sebaiknya kita terus membaca surat yasin setiap hari, walaupun ada yang menghujat, mencemooh, dan bahkan menganggap itu bid'ah. Dak usah diurusi dak usah didengerin,... biarlah dia ngoceh sendiri. 

Posting Komentar untuk "Manfaat Surat Yasin Untuk Acara Tradisi 40 Hari"