Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tata Cara Yasinan dan Tahlilan

Acara yasinan dan tahlilan ada beberapa jenis dalam berkumpul di masyarakat. Adakalanya berkumpul ketika arisan, adakalanya berkumpul untuk mendoakan keluarga atau saudara yang lagi sakit dan juga adakalanya berkumpul untuk mendoakan keluarga atau saudara yang sudah tiada.
semua acara tersebut pada intinya adalah untuk mendoakan sesama muslim untuk kebaikannya. Biasanya untuk mengadakan yasinan kita mengundang saudara saudara kita sesama muslim, tetangga, sanak keluarga dan teman teman kita, baik teman dekat maupun teman jauh. untuk datang membaca surat yasin sampai selesai. Kemudian kita bersedekah dengan memberi makan dan minum kepada orang orang yang kita undang tadi, dan kita beri sedekah berkatan (nasi box atau makanan box) untuk dibawa pulang sebagai ganti yang ditinggalkan di keluarganya masing-masing.

Inilah tradisi orang orang sholeh terdahulu yang perlu dilestarikan di masyarakat kita sekarang ini. Namun, ada generasi milenial yang canggung bahkan tidak tahu harus bagaimana ketika ia sudah berkeluarga dan tiba tiba perlu mengadakan acara yasinan dan tahlilan ini. oleh karena itu, kami akan memberikan tutorial atau tata cara yasinan dan tahlilan agar tahu bagaimana memuliakan tamu yang kita undang.

Berikut adalah tatacara yasinan dan tahlilan:

1. salam
pertama kali adalah salam terlebih dahulu kepada para hadlirin / jamaah.
2. sholawat kepada nabi Muhammad Shollalloohu Alaihi Wasallam
pendahuluan dengan membaca sholawat. serta salam kepada junjungan kita Nabi Muhammad Shollallaahu alaihi Wasallam.
3. Hadloroh
hadloroh ini adalah ditujukan kepada : Nabi Muhammad, keluarga dan shohabatnya, Kepada para Nabi dan rosul, para malaikat dan para wali di seluruh dunia, dan dikhususkan kepada Syaikh Abdul Qadir Jaelani. Kepada Para mufassirin, ulama muhaddisin, ulama fuqoha, guru guru kita yang sanadnya sambung kepada rosululloh, para muslimin dan muslimat diseluruh dunia baik di daratan maupun di lautan. dan dikhususkan kepada nama nama keluarga kita (ahli kubur kita, silahkan disi sendiri. dan ditujuakan kepada para ahli kubur para hadlirin di majlis mubarok tersebut. wausulihim wafuruihim syaillahumul Faatihah..... (semua ini harus dibaca dengan bahasa arab, silahkan cari guru yang bisa mengajari dengan bahasa arab di tempat anda).

4. Baca yasin bersama sampai selesai.
bagi Anda yang ingin mendapatkan buku saku surat yasin bisa hubungi kami, atau anda bisa pesan ke toko buku setempat

5. Tahlilan.
di Sesi ini akan kami jelaskan bacaan tahlil di artikel berikutnya dengan jelas. karena banyak tambahan tambahan atau bacaan baku disetiap daerah itu berbeda beda. pada intinya sama yaitu berdzikir berjamaah.

6. Doa
biasanya dilakukan oleh ahlinya dalam berdoa, yaitu ustad, atau kyai setempat. oleh karena itu, untuk mensukseskan acara tersebut, undanglah kyai, atau ustad setempat yang bisa baca tahlil dan doa dan yang pasti otomatis bisa baca surat yasin.

lalu apa untungnya mengadakan acara ini?

dari segi sosial, maka untungnya adalah menyambung silaturrohim sesama warga setempat, kerabat, saudara dan keluarga. dari segi sedekah, insyaallah dapat pahala sedekah. kareana memberi makan dan minum saudara saudara kita. dari segi unsur pahala, acara ini sangat bermanfaat bagi ahli kubur keluarga kita yang menyelenggarakan acara yasinan dan tahlilan. hal ini pahalanya juga akan sampai kepada ahli kubur untuk meringankan dan menentramkan ahli kubur di alam barzah.

masih dak percaya? Anda kalo meninggal sy bacakan surat yasin dan tahlilan.... nanti kalo dak sampai bisa protes ya....hihhi....

ok.... bersambung ya...

Posting Komentar untuk "Tata Cara Yasinan dan Tahlilan"