Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Riwayat Doa Setelah Shalat Jenazah

Doa Setelah Shalat Jenazah

Beberapa waktu yang lalu saya lihat lihat di beranda facebook. terdapat ocehan wahabi yang sangat kurang ajar. Ada yang menanyakan hukum berdoa setelah shalat jenazah, adakah tuntunannya?
ads Kaligrafi Jam Kaligrafi Surat Al Ikhlas

Mari perhatikan Atsar / riwayat Sahabat berikut:

-ﻋَﻦِ- اﺑْﻦِ ﺃَﺑِﻲ ﻣُﻠَﻴْﻜَﺔَ- ﻗَﺎﻝَ-: ﺳَﻤِﻌْﺖُ- اﺑْﻦَ -ﻋَﺒَّﺎﺱٍ- ﻳَﻘُﻮﻝُ-: ﻭُﺿِﻊَ- ﻋُﻤَﺮُ- ﻋَﻠَﻰ - ﺳَﺮِﻳﺮِﻩِ-، اﻛْﺘَﻨَﻔَﻪُ- اﻟﻨَّﺎﺱُ- ﻳُﺼَﻠُّﻮﻥَ- ﻋَﻠَﻴْﻪِ- ﻭَﻳَﺪْﻋُﻮﻥَ- ﻗَﺒْﻞَ ﻳُﺮْﻓَﻊُ-، ﻭَﺃَﻧَﺎ- ﻓِﻴﻬِﻢْ-، ﻓَﻠَﻢْ- ﻳﺮ-ﻋﻨﻲ- ﺇِﻻَّ- ﺭَﺟُﻞٌ- ﻗَﺪْ- ﺃَﺧَﺬَ- ﻣَﻨْﻜِﺒَﻲَّ- ﻣِﻦْ- ﻭَﺭَاﺋِﻲ-، -ﻓَﺎﻟْﺘَﻔَﺖُّ- ﺇِﻟَﻰ- ﻋَﻠِﻲٍّ- ﻳَﺘَﺮَﺣَّﻢُ- ﻋَﻠَﻰ- ﻋُﻤَﺮَ

Ibnu Abi Mulaikah mendengar bahwa Ibnu Abbas berkata: "Ketika Umar diletakkan di atas keranda maka orang-orang berkumpul menyalatkan Umar dan mendoakan Umar sebelum diangkat, dan saya diantara mereka. Maka tidak ada yang membuatku terkejut kecuali seseorang yang memegang pundak ku dari belakang, aku menoleh kepada Ali bin Abi Thalib, ia sedang mendoakan rahmat untuk Umar (Riwayat Al-Baihaqi)

- Riwayat ini juga termaktub dalam Sahih Muslim dan Ibnu Majah.

Mungkin bagi Syekh Bin Baz yang tidak ditemukan dalil adalah riwayat dari Nabi shalallahu alaihi wasallam. Namun bagi kita perbuatan Sahabat boleh kita amalkan. Akan tetapi kita tidak pernah menyalahkan saat ada Umat Islam selesai menyalatkan jenazah langsung kembali dan tidak menambahkan doa. Sama persis saat kita shalat jenazah di Makkah dan Madinah.

Saya doakan Anda semua semoga dimudahkan perjalanan haji dan umroh ke Makkah dan ziarah ke Makam Nabi shalallahu alaihi wasallam di Madinah. Dan semoga yang berangkat dulu adalah saya dan keluarga. Aamiin.

Oleh Makruf Khozin

Posting Komentar untuk "Riwayat Doa Setelah Shalat Jenazah"